Keterlaksanaan Proses Pembelajaran Fisika dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Latar Belakang Akademik Guru di MAN Pilot Project DIY

Fadilah, Ninik Uswatun (2015) Keterlaksanaan Proses Pembelajaran Fisika dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Latar Belakang Akademik Guru di MAN Pilot Project DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ninik-uswatun-fadilah-13708259008.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa baik pemahaman guru terhadap Kurikulum 2013; (2) seberapa baik keterlaksanaan proses pembelajaran fisika ditinjau dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian dilihat dari latar belakang akademik guru; (3) upaya yang dilakukan guru fisika MAN Pilot Project se-DIY dalam mengintegrasikan pemahaman tentang Kurikulum 2013 dalam pembelajaran fisika; dan (4) hambatan yang dihadapi guru fisika dalam implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru fisika MAN pilot project DIY yang mengajar fisika pada kelas X MIA. Teknik pengumpulan data berupa pengisian lembar angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Wawancara dan angket digunakan untuk mendapatkan data tentang pemahaman Kurikulum 2013, proses pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan, penilaian), upaya dan hambatan. Dokumentasi digunakan untuk menilai RPP. Lembar observasi digunakan untuk menilai pembelajaran. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil wawancara, sedangkan analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data hasil dokumen, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman Kurikulum 2013 guru fisika di MAN pilot project di Yogyakarta secara umum berada pada kategori sangat baik; (2) keterlaksananaan proses pembelajaran oleh guru fisika di MAN pilot project di Yogyakarta pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian berdasarkan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara dilihat dari latar belakang akademik guru berada pada kategori baik; (3) upaya guru fisika di MAN pilot project di DIY yaitu mencari informasi tentang: rasionalisasi kurikulum 2013, pendekatan saintifik, administrasi pembelajaran dan penilaian otentik baik secara mandiri maupun dari kegiatan pelatihan; (4) hambatan yang dihadapi guru yaitu kurangnya ketersediaan buku/panduan tentang model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), guru kesulitan dalam membuat instrumen penilaian portofolio, dan guru belum maksimal dalam memfungsikan instrumen penilaian sikap.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterlaksanaan, kurikulum 2013, latar belakang akademik guru
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 09 May 2019 03:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26366

Actions (login required)

View Item View Item