EFEKTIVITAS STRATEGI DIRECTED READING -THINKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PARAKAN TEMANGGUNG

Chintya Febri Hana, Saputri (2015) EFEKTIVITAS STRATEGI DIRECTED READING -THINKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PARAKAN TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DRTA CHINTYA FEBRIE.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parakan, Temanggung yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi dengan menggunakan strategi DRTA dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi konvensional dan (2) menguji efektivitas strategi DRTA dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parakan, Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parakan, Temanggung. Berdasarkan teknik cluster random sampling ditetapkan kelas VII P1 sebagai kelompok kontrol dan VII P2 sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretes dan postes. Validasi instrumen berupa validasi isi. Validasi dan reliabilitas butir soal dihitung dengan bantuan komputer program Iteman. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16 menunjukan data pretes dan postes berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji-t data postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai t sebesar 3,801 dengan df 71 dan Sig.(2-tailed) 0,000 (0,000<0,05) menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi antara kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan menggunakan strategi Directed Reading - Thinking Activity (DRTA) dengan kelompok yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parakan, Temanggung. Berdasarkan hasil uji-t pretes dan postes kelompok eksperimen diperoleh nilai t sebesar 12,578 dengan df 35 dan Sig. sebesar 0,000 (0,000<0,05) menunjukan Strategi Directed Reading - Thinking Activity (DRTA) efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parakan, Temanggung. Selain itu, terdapat kenaikan skor rerata antara kelompok eksperimen yang lebih besar, yaitu 11,43 daripada kelompok kontrol, yaitu 8,37

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 03:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26361

Actions (login required)

View Item View Item