PROFIL KONDISI FISIK ATLET PELATIHAN DAERAH BASEBALL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Khomsatun Gusti Septiana (2015) PROFIL KONDISI FISIK ATLET PELATIHAN DAERAH BASEBALL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Baseball merupakan salah satu olahraga yang termasuk dalam olahraga kelompok. Kondisi fisik salah satu faktor pendukung dalam pencapaian prestasi yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kondisi fisik atlet pelatihan daerah Baseball D.I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh atlet pelatihan daerah baseball Daerah Istimewa Yogyakarta berjumlah 17 atlet. Pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen tes kecepatan, tes kekuatan pegangan, tes kekuatan otot lengan, tes kekuatan otot perut, tes kelincahan, tes daya tahan, tes kelentukan, dan tes power tungkai. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase yang dibagi dalam 5 kategori yaitu kurang sekali, kurang, sedang, baik, baik sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kondisi fisik atlet pelatihan daerah Baseball D.I Yogyakarta masuk dalam kategori sedang. Dengan hasil tes secara keseluruhan yaitu 2 atlet (11,76%) kategori kurang sekali, 1 atlet (5,88) kategori kurang, 8 atlet (47,06%) kategori sedang, 5 atlet (29,41) kategori baik, dan 1 atlet (5,88%) kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: profil, kondisi fisik, atlet, baseball Daerah Istimewa Yogyakarta
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 11 Mar 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26359

Actions (login required)

View Item View Item