HUBUNGAN KECEPATAN LARI CEPAT(SPRINT), POWER OTOT TUNGKAI DAN PANJANG TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH PADA SISWA PUTRA KELAS X SMA N 2 WONOGIRI TAHUN 2015

Koencoro Sri Churohman (2015) HUBUNGAN KECEPATAN LARI CEPAT(SPRINT), POWER OTOT TUNGKAI DAN PANJANG TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH PADA SISWA PUTRA KELAS X SMA N 2 WONOGIRI TAHUN 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
NEW SKRIPSI KOENCORO SRI CHUROHMAN 11601244128.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Faktor-faktor penunjang dalam lompat jauh seperti kecepatan lari, power otot tungkai dan panjang tungkai yang kurang diperhatikan menjadi sebuah kendala dalam usaha peningkatan prestasi lompat jauh di SMA Negeri 2 Wonogiri. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hubungan kecepatan lari cepat(sprint), power otot tungkai dan panjang tungkai dengan kemampuan lompat jauh pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas X SMA N 2 Wonogiri, sebanyak 157 siswa. Jumlah sampel diambil dengan teknik simple random sampling dengan sample sebanyak 36 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan metode survey yaitu tes dan pengukuran dengan instrumen berupa pengukuran kecepatan lari dengan sprint 60 meter, standing board jump test untuk power otot tungkai dan pengukuran panjang tungkai dari trochanter mayor sampai telapak kaki serta lompat jauh dengan awalan lari untuk mengetahui kemampuan lompoat jauh. Teknik analisis data mengunakan analisis korelasi product moment dan regresi melaui uji prasyarat normalitas dan linearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara variabel kecepatan lari terhadap kemampuan lompat jauh pada siswa putra kelas X SMA N 2 Wonogiri sebesar -0,693 dengan sumbangan efektif 17,2%. (2) Ada hubungan yang signifikan antara variabel power otot tungkai terhadap kemampuan lompat jauh pada siswa putra kelas X SMA N 2 Wonogiri sebesar 0,816 dengan sumbangan efektif 51,9%. (3) Ada hubungan yang signifikan antara variabel panjang tungkai terhadap kemampuan lompat jauh pada siswa putra kelas X SMA N 2 Wonogiri sebesar 0,398 dengan sumbangan efektif 1,1%. (4) Ada hubungan yang signifikan antara variabel kecepatan lari, power otot tungkai dan panjang tungkai secara bersama-sama terhadap kemampuan lompat jauh pada siswa putra kelas X SMA N 2 Wonogiri sebesar 0,838 dengan sumbangan efektif 70,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecepatan lari, power otot tungkai, panjang tungkai dan lompat jauh.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 11 Mar 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26358

Actions (login required)

View Item View Item