PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GODEAN

Ramawati, Dewi (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GODEAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11416241028.swf - Published Version

Download (4MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih terbatasnya penerapan metode pembelajaran oleh guru pada pembelajaran IPS dan hasil belajar IPS siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS dengan menggunakan metode Group Investigation dan Think Pair Share pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Multiple-Groups Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Godean. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VII A dan VII D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t (independent sample t-test) Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS dengan menggunakan metode Group Investigation dan Think Pair Share pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Godean. Hasil tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t (independent t-test) yang menunjukkan bahwa nilai probabilitas (sig) 0,040 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (2,098 > 1,990) dengan taraf signifikansi 5% maka Ho ditolak, dan Ha diterima. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Group Investigation sebesar 77,97 sedangkan dengan menggunakan metode Think Pair Share hanya sebesar 71,41. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan metode Group Investigation lebih tinggi daripada dengan metode Think Pair Share. Kata kunci: Hasil Belajar IPS Siswa, Metode Group Investigation, Metode Think Pair Share.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 18 Sep 2015 02:48
Last Modified: 26 Oct 2015 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26348

Actions (login required)

View Item View Item