UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI MELALUI MEDIA PERMAINAN SCHNELL FINDEN

Ratri, Kartika Cahyaning (2015) UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI MELALUI MEDIA PERMAINAN SCHNELL FINDEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi Kartika C R.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) penguasaan kosakata bahasa Jerman, (2) keaktifan peserta didik kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Boyolali melalui media permainan schnell finden. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research. Strategi yang diterapkan ditentukan bersama secara kolaboratif antara peneliti, guru dan peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Boyolali yang terdiri dari 30 peserta didik. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) keberhasilan proses dan (2) keberhasilan produk. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi kelas, wawancara, catatan lapangan, angket dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan schnell finden dapat meningkatkan (1) penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Boyolali. Peningkatan nilai rata-rata mencapai 13,4 %, (2) selain keberhasilan produk juga terdapat keberhasilan proses berupa peningkatan keaktifan peserta didik sebesar 58%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media permainan, schnell finden, penguasaan kosakata
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 18 Sep 2015 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26347

Actions (login required)

View Item View Item