IMPLEMENTASI METODE THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII D SMPN 3 KALASAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Istanti, Linda Dwi (2015) IMPLEMENTASI METODE THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII D SMPN 3 KALASAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11416241007_2.swf - Published Version

Download (4MB)
[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11416241007.PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan:(1) untuk mengetahui upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII D SMPN 3 Kalasan, (2) untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas VIII D SMPN 3 Kalasan, (3) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII D SMPN 3 Kalasan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menerapkan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tiga kegiatan yakni perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPS dilakukan dengan cara memberikan motivasi dan menarik perhatian siswa dengan memberikan nilai tambahan, memberikan reward bagi siswa yang berpartisipasi aktif, memberikan stimulus dan membimbing siswa melalui pertanyaan yang kritis, membantu siswa dalam membuat kesimpulan dan memberikan tes agar kemampuan siswa selalu terpantau dan terukur. (2) peningkatan keaktifan belajar siswa, peningkatan tersebut dapat di lihat dari ratarata data hasil observasi dan rata-rata angket keaktifan belajar siswa. Rata-rata data hasil observasi siklus I sebesar 55.69% meningkat menjadi 72.47% pada siklus II dan pada siklus III meningkat menjadi 86.02%. Rata-rata hasil angket keaktifan belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 66.73%, meningkat menjadi 80.04% pada siklus II dan pada siklus III meningkat menjadi 87.14%. (3) peningkatan prestasi belajar IPS yang dapat dilihat dari hasil penilaian pre-test dan post-test. Pre-test pada siklus I terdapat 15 siswa tuntas (48.39%), siklus II terdapat 17 siswa tuntas (54.84%) dan pada siklus III terdapat 24 siswa tuntas (77.42%). Hasil penilaian post-test menunjukkan pada siklus I terdapat 19 siswa tuntas (61.29%), siklus II 22 siswa tuntas (70.97%) dan pada siklus III terdapat 28 siswa tuntas (90.32%). Kata kunci :Metode The Learning Cell, Keaktifan, Prestasi Belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 18 Sep 2015 02:41
Last Modified: 30 Jan 2019 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26345

Actions (login required)

View Item View Item