Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Dengan Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman

Lailia, Zen (2015) Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Dengan Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11416241030.swf - Published Version

Download (7MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya hasil belajar IPS kelas VIII di SMP Negeri 5 Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara penerapan model Giving Question and Getting Answer dan Index Card Match di kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. (2) Efektifitas model pembelajaran Giving Question and Getting Answer dan Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desian Pre test-Post test Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman sebanyak 125. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji-t. (independent sample t-test) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara model pembelajaran Giving Question and Getting Answer dan Index Card Match pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Hasil uji-t menunjukan bahwa nilai sig sebesar 0,048 (0,048< 0,05) dan diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,015 > 1,999) maka Ho ditolak, dan Ha diterima. Penelitian ini juga menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar IPS yang menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar IPS yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match. Hasil perhitungan gain score dari kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 diketahui bahwa kelas eksperimen 1 nilai gain score sebesar 0,51 sedangkan kelas eksperimen 2 nilai gain score sebesar 0,38. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai gain score kelas eksperimen 1 lebih tinggi dari nilai gain score kelas eksperimen 2 (0,51 > 0,38 ) maka Ho ditolak, dan Ha diterima. Kata kunci : Model Giving Question and Getting Answer, Model Index Card Match dan Hasil Belajar IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 18 Sep 2015 02:25
Last Modified: 26 Oct 2015 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26344

Actions (login required)

View Item View Item