Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Menggunakan Elemen Pasif Dalam Rangkaian Listrik Arus Searah melalui Penerapan Model Pembelajaran Post Solution Posing Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Yogyakarta

Danu, Pradipto (2015) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Menggunakan Elemen Pasif Dalam Rangkaian Listrik Arus Searah melalui Penerapan Model Pembelajaran Post Solution Posing Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Yogyakarta. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Danu Pradipto (10501244033).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Menggunakan Elemen Pasif Dalam Rangkaian Listrik Arus Searah melalui Penerapan Model Pembelajaran Post Solution Posing Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Yogyakarta Oleh: Danu Pradipto NIM 10501244033 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kompetensi dasar menggunakan elemen pasif dalam rangkaian listrik arus searah dengan penerapan model pembelajaran post solution posing di dalam proses pembelajarannya, (2) meningkatkan prestasi belajar siswa pada kompetensi dasar menggunakan elemen pasif dalam rangkaian listrik arus searah melalui peningkatan mutu pembelajaran mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik secara umum di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Dan diharapkan dapat sebagai acuan bagi para guru dalam menentukan model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X tenaga listrik 2 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa yaitu dengan tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda, Instrumen untuk mengetahui keaktifan siswa berupa lembar observasi serta instrumen angket keaktifan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran post solution posing dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Dari hasil analisis data yang diperoleh persentase keaktifan siswa dari siklus I sebesar 72,44% meningkat menjadi 81,79% pada siklus II, persentase skor angket juga meningkat pada siklus I sebesar 73,61% menjadi 83,38% pada siklus ke II. Model pembelajaran post solution posing juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hasil test sebelum penerapan dengan rata-rata 64,27 di siklus I meningkat menjadi 75,12 pada rata-rata test siklus I. Pada siklus II meningkat menjadi 83,56. Selisih antara nilai rata-rata test pada siklus I dan II adalah sebesar 7,44. Pada siklus I terdapat 10 siswa atau 32,25% yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada siklus II meningkat menjadi 96,77% siswa telah mencapai KKM. Kata kunci: Keaktifan Belajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa, Post Solution Posing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 18 Sep 2015 01:56
Last Modified: 30 Jan 2019 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26337

Actions (login required)

View Item View Item