PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN LAS LANJUT KELAS XI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH

Candra, Tri Prabowo (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN LAS LANJUT KELAS XI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Candra TP10503244034.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN LAS LANJUT KELAS XI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh : Candra Tri Prabowo 10503244034 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui prestasi belajar dengan menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran las lanjut, (2) mengetahui prestasi belajar dengan menggunakan metode project based learning pada mata pelajaran las lanjut, (3) mengetahui pengaruh metode pembelajaran project based learning dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, (4) mengetahui perbedaan hasil belajar metode pembelajaran Project Based Learning dengan metode pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran las lanjut Penelitian ini adalah jenis penelitian quasi eksperimen. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan. Pelaksanaan penelitian dimulai Mei 2014 sampai dengan awal Juni 4. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan metode pembelajaran project based learning. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian pretest dan posttest. Sedangkan analisis data menggunakan teknik pendekatan kuantitatif yang berfungsi untuk menguji pengaruh penggunaan metode pembelajaran project based learning terhadap prestasi belajar siswa. Hasil Belajar pada kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional memperoleh hasil yang kurang memuaskan. Hasil belajar tersebut dapat ditunjukan dengan perolehan nilai rata-rata kelas 72,48. Hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran project based learning memperoleh hasil lebih baik. Hasil belajar tersebut dapat ditunjukan dengan perolehan nilai rata-rata kelas 79,25. Nilai terbanyak yang diperoleh adalah pada nilai 80nilai tengah dari data tersebut adalah 80. Nilai tertinggi 90, sedangkan nilai terendahnya 63. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan uj t independent sample test menunjukan bahwa t tabel < dari t hitung (2,05 < 4,45). Dengan demikian dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran project based learning dengan kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada taraf kesalahan 5%. Kata Kunci: Project based learning, Las lanjut, Prestasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 18 Sep 2015 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26335

Actions (login required)

View Item View Item