PENGARUH VIDEO TUTORIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK LAS OXY ACETYLENE SISWA KELAS X di SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Budiyanto, Budiyanto (2015) PENGARUH VIDEO TUTORIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK LAS OXY ACETYLENE SISWA KELAS X di SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BUDIYANTO (13503247014).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH VIDEO TUTORIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK LAS OXY ACETYLENE SISWA KELAS X di SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh Budiyanto NIM. 13503247014 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran praktik las oxy acetylene sebelum pemberian perlakuan; (2) mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran praktik las oxy acetylene setelah pemberian pemberian perlakuan; (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh video tutorial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran praktik las oxy acetylene; dan (4) mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar yang menggunakan video tutorial dengan yang tidak. Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, yang menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian praktik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar mata pelajaran praktik las oxy acetylene sebelum diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki kemampuan awal yang setara dan hasil data menunjukkan masih banyak siswa yang belum tuntas. Prestasi belajar setelah diberikan perlakuan mengalami kenaikan baik pada kelompok eksperimen maupun pada kelompok kontrol. Setelah pembelajaran dengan video tutorial terdapat pengaruh pada prestasi belajar yaitu sebesar 12,82%. Selain pengaruh juga terdapat perbedaan prestasi belajar setelah diberikan perlakuan yaitu dengan membandingkan hasil post-test, setelah penerapan pembelajaran dengan video tutorial dan pembelajaran konvensional memiliki persentase perbedaan sebesar 6,5%. Kata kunci: Video Tutorial, Prestasi Belajar, Las Oxy Acetylene

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 18 Sep 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26334

Actions (login required)

View Item View Item