PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM HIDROLIK DAN KOMPRESOR UDARA KELAS X OB SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN

Aziz, Shalihin (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM HIDROLIK DAN KOMPRESOR UDARA KELAS X OB SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Aziz S 08504241023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM HIDROLIK DAN KOMPRESOR UDARA KELAS X OB SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN Oleh : Aziz Shalihin NIM. 08504241023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran memperbaiki sistem hidrolik dan kompresor udara dengan menggunakan metode cooperative learning tipe Jigsaw; 2) Mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran memperbaiki sistem hidrolik dan kompresor udara dengan menggunakan metode cooperative learning tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X OB yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative learning tipe Jigsaw. Di akhir siklus diadakan evaluasi pengetahuan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari, selain itu digunakan sebagai alat untuk mengukur tingkat ketercapaian KKM yang berhasil diperoleh siswa. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dibuktikan dengan hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata prestasi belajar yang diperoleh siswa kelas X OB adalah 70,78 dengan persentase siswa yang memenuhi nilai KKM sebesar 37,50%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar yang diperoleh siswa kelas X OB adalah 77,41 dengan persentase siswa yang memenuhi nilai KKM sebesar 90,62%; 2) Penerapan metode pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dibuktikan dengan hasil penelitian pada pertemuan pertama siklus I menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 50,45. Kemudian pada pertemuan kedua mengalami peningkatan menjadi 62,08 dan pada pertemuan pertama siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata aktivitas belajar siswa mencapai 72,77 hingga pada pertemuan kedua siklus II kembali mengalami peningkatan menjadi 85,83. Kata kunci: prestasi belajar, aktivitas belajar, cooperative learning, dan jigsaw.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 18 Sep 2015 01:36
Last Modified: 30 Jan 2019 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26331

Actions (login required)

View Item View Item