PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM PENGAPIAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK PEMBELAJARAN DI SMK MA’ARIF SALAM MAGELANG

Anggi, Permana (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM PENGAPIAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK PEMBELAJARAN DI SMK MA’ARIF SALAM MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
anggi permana10504244037.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM PENGAPIAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK PEMBELAJARAN DI SMK MA’ARIF SALAM MAGELANG Oleh: Anggi Permana NIM. 10504244037 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran interaktif sistem pengapian berbasis komputer sebagai media pembelajaran di SMK. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model penelitian dari Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menjadi 5 langkah. Proses penelitian ini yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) mengembangan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, (5) uji lapangan skala besar dan produk akhir. Subjek uji coba ini adalah ahli materi 1 orang dan ahli media 1 orang, semua subjek uji coba adalah dosen Teknik Otomotif UNY. Uji coba skala kecil 10 siswa dan uji coba skala besar 34 siswa, semua subjek uji coba adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Seting penelitian mengambil tempat di SMK Ma’arif Salam Magelang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen berupa lembar penilaian untuk para ahli (expertjudgement), kuesioner (angket) untuk siswa. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) media pembelajaran sistem pengapian berupa paket folder yang berisikan 113 files flash movie (.swf), dan 3 file pdf. Besar memori data 54,2 MB (Mega Bytes), media pembelajaran dapat dibuka dengan berbagai macam Operating System (sistem operasi) pada komputer. (2) hasil kelayakan media pembelajaran interaktif sistem pengapian menggunakan Macromedia Flash Professional 8 sebagai berikut: penilaian ahli materi memperoleh rerata skor keseluruhan 3,86 atau sangat layak, penilaian ahli media memperoleh rerata skor keseluruhan 3,26 atau sangat layak, penilaian uji coba lapangan skala kecil memperoleh rerata skor keseluruhan 3,39 atau sangat layak, penilaian uji coba lapangan skala besar memperoleh rerata skor keseluruhan 3,43 atau sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut bahwa media pembelajaran interaktif sistem pengapian berbasis komputer untuk pembelajaran di SMK Ma’arif Salam Magelang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: media pembelajaran, sistem pengapian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 18 Sep 2015 01:23
Last Modified: 30 Jan 2019 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26326

Actions (login required)

View Item View Item