KRITIK SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA FURCHT UND ELEND DES DRITTEN REICHES KARYA BERTOLT BRECHT: ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA

Purnamasari, Ika Fitri (2015) KRITIK SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA FURCHT UND ELEND DES DRITTEN REICHES KARYA BERTOLT BRECHT: ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-IKA F PURNAMASARI - 08203241038.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi sosial masyarakatyang tercermindalam naskah drama Furcht und Elend des Dritten Reiches karya Bertolt Brechtdanmasalah-masalah sosial yang dikritikdalamnaskah dramatersebut. Pendekatan penelitan ini adalah pendekatan sosiologis. Data diperoleh melalui teknik baca dan catat, dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas semantis dan reliabilitas interrater dan intrarater. Hasil penelitian ini adalah: (1) kondisi sosial masyarakat pada saat kepemimpian Adolf Hitler yang otoriterberupa tertutupnyaopinipublik serta ketakutan dan penderitaan rakyat pada rezim NAZI, (2) masalah-masalah sosial yang dikritik Brecht antara lain: (a) ekonomi: rakyatmenolakkebijakan-kebijakanpemerintahan NAZI yang merugikanrakyat, (b) politik: kebijakan-kebijakan politik berupa pembentukan Volksgemeinschaft dan propaganda hanya untuk ras Arya berupa program Winterhilfe, (c) sosial: hilangnya rasa solidaritas, tolong menolong dan saling melindungi satu sama lain, (d) kemanusiaan: tindakan tentara NAZI yang sewenang-wenang dan kasar, (e) agama dan kepercayaan: hilangnya hak untuk bebas beragama, dan (f) pendidikan: pendidikan berbasis militer dan kurikulum pendidikan dengan ideologi NAZI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kritik sosial, drama, Bertolt Brecht, NAZI
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 18 Sep 2015 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26324

Actions (login required)

View Item View Item