IDEOLOGI SOSIALISME MARXISME DAN PERJUANGAN KELAS DALAM PUISI “SOLIDARITÄTSLIED” KARYA BERTOLT BRECHT: KAJIAN SEMIOTIKA RIFFATERRE

Habibah, Sri Ayu (2015) IDEOLOGI SOSIALISME MARXISME DAN PERJUANGAN KELAS DALAM PUISI “SOLIDARITÄTSLIED” KARYA BERTOLT BRECHT: KAJIAN SEMIOTIKA RIFFATERRE. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Sri Ayu Habibah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan adanya hubungan ideologi Sosialisme Marxisme dan perjuangan kelas dalam puisi “Solidaritätslied” karya Bertolt Brecht melalui kajian semiotika Riffaterre. Sumber data penelitian adalah puisi “Solidaritätslied” karya Bertolt Brecht. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri (human instrumen). Teknik pengumpulan data dengan pembacaan heuristik dan hermeneutik, penentuan matriks, model, varian, dan hipogram. Penggunaan keabsahan data dalam penelitian terdiri atas validitas semantis dan expert judgment. Reliabilitas terdiri atas intrarater dan interrater. Hasil penelitian puisi “Solidaritätslied”disimpulkan bahwa pembacaan heuristik berisikan seruan untuk menuju revolusi. Pembacaan hermeneutik disimpulkan adanya hubungan puisi dengan ideologi Sosialisme Marxisme dan perjuangan kelas, serta ditemukan ketidaklangsungan ekspresi berupa personifikasi, sinekdoki, dan ambiguitas. Matriks puisi adalah revolusi proletar untuk menghancurkan kapitalisme. Model puisi yaitu revolusi proletar. Varian puisi terdapat pada bait pertama sampai sebelas. Hipogram puisi terdiri atas hipogram potensial yaitu revolusi proletar untuk menghancurkan kapitalisme. Hipogram aktual berasal dari ideologi Sosialisme Marxisme dan perjuangan kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Puisi, Semiotika, Riffaterre
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 18 Sep 2015 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26322

Actions (login required)

View Item View Item