KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO

Maryani, Maryani (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MARYANI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo antara yang diajar dengan menggunakan metode Everyone Is A Teacher Here dan yang diajar dengan menggunakan metode konvensional (2) keefektifan penggunaan metode everyone is a teacher here dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo yang berjumlah 106. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Kelas XI IPS 3 yang terdiri dari 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 yang terdiri dari 27 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian diperoleh dari skor keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik pada pre-test dan post-test. Validitas yang digunakan dalam penelitian adalah validitas isi dan validitas konstruk. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (2,404) lebih besar daripada (2,009), dengan taraf signifikansi α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan berbicara Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo antara yang diajar dengan everyone is a teacher here dan yang diajar dengan metode konvensional. Bobot keefektifan sebesar 8,8%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode everyone is a teacher here efektif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode, Everyone Is A Teacher Here, Keterampilan Berbicara, Bahasa Jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 18 Sep 2015 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26321

Actions (login required)

View Item View Item