KARAKTERISTIK PROSES PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI MAN YOGYAKARTA II

Anugrah Putri, Diastrid (2015) KARAKTERISTIK PROSES PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI MAN YOGYAKARTA II. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIASTRID ANUGRAH P.pdf

Download (702kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik proses pembelajaran keterampilan bahasa Jerman di MAN Yogyakarta II yang meliputi komponen pembelajaran: (1) tujuan pembelajaran, (2) materi, (3) metode, (4) media, (5) guru, (6) peserta didik, (7) sarana dan prasarana, dan (8) evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang datanya diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) Karakteristik proses pembelajaran keterampilan membaca menunjukkan guru kurang mengoptimalkan silabus dan RRP, (1) tujuan pembelajaran untuk mensukseskan bahasa Jerman dalam Ujian Nasional, (2) materi bersumber dari Kontakte Deutsch1- 3, Themen Neu1, dan Deutschist einfach, (3) metode yang dipakai latihan soal, tanya-jawab, dan ceramah, (4) media yang digunakan elektronik dan cetak, (5) peserta didik mempunyai minat yang baik, (6) sarana buku bahasa Jerman di perpustakaan masih dalam jumlah yang sedikit, dan (7) bentuk evaluasi antara lain pilihan ganda dan essay; (b) Hambatan terletak pada peserta didik dan sarana; (c) Usaha yang dilakukan guru melalui pendekatan langsung dan memberikan sumber materi penunjang dalam sarana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: karakeristik, pembelajaran, membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 18 Sep 2015 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26320

Actions (login required)

View Item View Item