Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Cooperative Script

Wardoyo, Tri Hutami (2015) Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Cooperative Script. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi_TRI HUTAMI WARDOYO_11203241010_.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten dalam proses pembelajaran bahasa Jerman dan (2) prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Strategi ditentukan secara kolaboratif antara peneliti, peserta didik, dan guru. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah (1) keberhasilan proses dan (2) keberhasilan produk. Indikator keberhasilan proses dapat dilihat dari meningkatnya motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten. Persentase motivasi belajar peserta didik berdasarkan observasi sebelum diberi tindakan hingga akhir siklus II meningkat sebesar 16,61%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten dalam proses pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman. Indikator keberhasilan produk dapat dilihat dari meningkatnya prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten. Nilai rata-rata keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Klaten membaik. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan sebesar 22,14%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, metode Cooperative Script, keterampilan membaca bahasa Jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 18 Sep 2015 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26318

Actions (login required)

View Item View Item