KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE QUANTUM LEARNING TEKNIK CLUSTERING PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI KELAS X SMANEGERI 6 SURAKARTA

Damanin Sani, Bintari (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE QUANTUM LEARNING TEKNIK CLUSTERING PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI KELAS X SMANEGERI 6 SURAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bintari Damanin Sani NIM 11203241027.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman di kelas X SMA Negeri 6 Surakarta antara kelas yang diajar dengan menggunakan metode Quantum Learning teknik Clustering dan kelas yang diajar dengan menggunakan metode konvensional, dan (2) keefektifan penggunaan metode Quantum Learning teknik Clustering pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman di kelas X SMA Negeri 6 Surakarta.Penelitian ini adalah Quasi Experiment. Desain penelitian menggunakan Pre-and Post-test Control Group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 6 Surakarta berjumlah 110 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling, diperoleh kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen (31 peserta didik) dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol (31 peserta didik). Data penelitian diperoleh dari tes keterampilan menulis bahasa Jerman. Validitas penelitian menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan didapat hasil sebesar 0,808. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai thitung 2,047 lebih besar dari nilai ttabel 2,000 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman antara kelas yang diajar dengan menggunakan metode Quantum Learning teknik Clustering dan menggunakan metode konvensional. (2) Bobot keefektifannya sebesar 9,8%. Dengan demikian, penggunaan metode Quantum Learning teknik Clustering lebih efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman di kelas X SMA Negeri 6 Surakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning, Clustering, keterampilan menulis bahasa Jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 18 Sep 2015 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26314

Actions (login required)

View Item View Item