UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA MODUL PADA MATA PELAJARAN PLD (PEKERJAAN LOGAM DASAR) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOROBUDUR

DIAN, RAFI SANJAYA (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA MODUL PADA MATA PELAJARAN PLD (PEKERJAAN LOGAM DASAR) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOROBUDUR. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DIAN RAFI SANJAYA-11503247008.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA MODUL PADA MATA PELAJARAN PLD (PEKERJAAN LOGAM DASAR) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOROBUDUR Oleh : DIAN RAFI SANJAYA 11503247008 Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan pengaruh penggunaan modul perkakas tangan pada mata pelajaran Pekerjaan Logam Dasar (PLD) di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelompok kontrol dan kelompok eksperimental dengan modul perkakas tangan pada mata pelajaran PLD Untuk mengetahui peningkatan prestasi pada mata pelajaran PLD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian experiment. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan jenis quasi experiment. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang dengan kelas X Mesin A(X MA) sebagai kelompok eksperimen, kelas X Mesin B (X MB) sebagai kelompok kontrol. Kelas X MA sebagai kelompok eksperimen mengalami perlakuan dengan menggunakan modul perkakas tangan dalam kegiatan belajar mengajarnya, sedangkan kelas X MB sebagai kelompok kontrol tetap menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab dalam kegiatan belajar mengajarnya. Hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran ceramah dan tanya jawab memperoleh mean 64,4, median 66, modus 68, nilai tertinggi 82 dan nilai terendah adalah 48. Hasil belajar pada kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan modul mean 78,1, median 74, modus 72, nilai tertinggi 88 dan nilai terendah adalah 60. Perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dengan kelas eksperimen, hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan rata-rata kelas pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas pada kelas kontrol. Peningkatan selisih persentase kenaikan dari pretest ke posttest juga lebih besar kelas ekperimen dengan 62,34% dari pada kelas kontrol dengan 53,33%. Perlakuan dengan modul ditinjau dari peningkatan nilai melebihi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimental adalah adalah 78,1 Sehingga dapat dikatakan model pembelajaran dengan media modul lebih dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan model ceramah dan tanya jawab. Kata Kunci : Media Modul, PLD (Pekerjaan Logam Dasar)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Sep 2015 06:55
Last Modified: 30 Jan 2019 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26311

Actions (login required)

View Item View Item