KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE ESTAFET WRITING DENGAN BANTUAN VERBA + ARGUMEN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG

Anggraeni, Selvi (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE ESTAFET WRITING DENGAN BANTUAN VERBA + ARGUMEN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SELVI ANGGRAENI_11203241002.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Magelang antara yang diajar menggunakan metode Estafet Writing dengan bantuan Verba + Argumen dan yang diajar menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode Estafet Writing dengan bantuan Verba + Argumen dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA N 1 Muntilan Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Magelang yang berjumlah 293. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Kelas X 5 yang terdiri dari 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X 3 yang terdiri dari 29 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan menulis bahasa Jerman dalam pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan thitung (sebesar 6,421) lebih besar dari pada ttabel (sebesar 2,000), pada taraf sinifikansi α = 0,05 dan df sebesar 56. Hasil post-test kedua kelompok menunjukkan rerata kelas eksperimen sebesar 84,8966 lebih besar daripada rerata kelas kontrol yaitu 78,4138 dan bobot keefektifan 8,8%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Estafet Writing dengan bantuan Verba + Argumen dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode, Estafet Writing, Keterampilan Menulis, Bahasa Jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 18 Sep 2015 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26306

Actions (login required)

View Item View Item