PENGARUH MINAT BELAJAR BAHASA JERMAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA

Prabawati, Choni Virginia (2015) PENGARUH MINAT BELAJAR BAHASA JERMAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Choni Virginia Prabawati (11203241036).pdf

Download (859MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman, (2) pengaruh penguasaan kosakata terhadap prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman, dan (3) pengaruh minat belajar dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes. Validitas instrumen menggunakan rumus Pearson. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Dari hasil penghitungan diketahui persamaan garis regresi yaitu Ŷ= -5,850 + 0,115 X1 + 0,225 X2. Hasil tersebut menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman, yaitu thitung = 5,838 > ttabel = 1,995, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penguasaan kosakata terhadap prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman, yakni thitung = 4,346 > ttabel = 1,995, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman, yaitu Fhitung = 21,026 > Ftabel = 3,131.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: : Pengaruh, Minat belajar, Penguasaan kosakata, Keterampilan menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 18 Sep 2015 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26300

Actions (login required)

View Item View Item