GAME EDUKASI TOKOH PUNAKAWAN

Cahyo Nugroho, Wiwit (2015) GAME EDUKASI TOKOH PUNAKAWAN. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAKS WIWIT CAHYO NUGROHO.PDF

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penulisan tugas akhir karya seni ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep visual, proses visualisasi, dan hasil visualisasi wayang kulit tokoh punakawan melalui game puzzle. Metode yang digunakan dalam penciptaan karya game ini melalui tahap pengumpulan data dengan cara observasi dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi dilakukan pengamatan data-data yang telah tersedia sebagai pertimbangan perwujudan, dengan studi pustaka, mencari teori-teori terkait, dari buku, jurnal, tentang kajian wayang kulit tokoh punakawan serta dari data-data terpercaya dari internet. Proses berkarya dimulai dari menemukan ide, menentukan konsep, menentukan materi game, layout, desain final, proses produksi dan penyajian. Ide dasar dari penulisan ini adalah memperkenalkan budaya lokal yang berupa wayang kulit tokoh punakawan kedalam bentuk game, konsep penulisan karya dalam bentuk game puzzle, materi game berupa data-data pokok tentang wayang kulit tokoh punakawan. Layout diawali dengan membuat sketsa kasar yang dilakukan manual dengan pensil ataupun digital dengan menggunakan software, sketsa kasar kemudian dipilih dengan pertimbangan estetika, kemudian layout terpilih disempurnakan dengan software Corel Draw X7 untuk menyempurnakan bentuk serta penggunaan warna-warna yang natural dipakai dalam proses pewarnaan. Desain final berisikan keseluruhan komponen game puzzle sudah siap disajikan. Proses produksi dari desain final kemudian dibuat animasi game menggunakan software Adobe Flash CS6. Penyajian karya ini berupa game puzzle. Konsep tugas akhir karya seni ini adalah memperkenalkan budaya lokal dalam bentuk game puzzle mengenai wayang kulit tokoh punakawan. Melalui proses visualisasi bentuk wayang kulit tokoh punakawan yang tetap menggunakan bentuk asli wayang kulit. Hasil visualisasi karya berupa game puzzle punakawan, dalam bentuk aplikasi, didalam game ini terdapat 2 menu utama, yaitu menu Belajar dan menu Bermain. Dalam menu Belajar pemain mendapatkan pengetahuan tentang wayang kulit tokoh punakawan, terdiri dari Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong. Serta terdapat menu latihan soal, sebagai tahapan agar dapat memainkan game puzzle di dalam menu Bermain. Dalam menu Bermain pemain akan mendaptakan 4 macam pilihan tombol, yang masing-masing tombol berisikan game puzzle dengan 4 level.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game Puzzle, Wayang Kulit Punakawan
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 18 Sep 2015 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26299

Actions (login required)

View Item View Item