GAMBAR ANAK BERTEMA PENGALAMAN SEHARI-HARI DI TAMAN KANAK-KANAK KREATIF PRIMAGAMA

Adi Nugroho, Banu (2015) GAMBAR ANAK BERTEMA PENGALAMAN SEHARI-HARI DI TAMAN KANAK-KANAK KREATIF PRIMAGAMA. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img] Text
TAS BANU ADI NUGROHO.PDF
Restricted to Repository staff only until 18 September 2015.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan gambar anak usia 4-6 tahun bertema pengalaman keseharian anak di TK Kreatif Primagama Yogyakarta, dilihat dari unsur rupanya yaitu, bentuk garis, bentuk atau bidang, dan warnanya serta objek realistik dan non-realistik dalam gambar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitiannya adalah 41 gambar anak TK Kreatif Primagama Yogyakarta. Penelitian ini difokuskan pada 9 gambar anak yang mencerminkan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari anak. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan mendiskripsikan membahas objek dalam gambar anak usia 4-6 tahun di TK Kreatif Primagama Yogyakarta berdasarkan unsur rupa dan objek yang ditampilkan berupa bentuk realistik dan non-realistik, kemudian dibandingkan dengan hasil wawancara dengan guru dan berdasarkan kajian teori. Keabsahan data diperoleh dengan cara triangulasi data yaitu, berdasarkan dari proses observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan sumber data yang sama yaitu 9 anak TK Kreatif Primagama Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan objek dalam gambar anak yang mewakili benda yang sering anak lihat berdasarkan pengalaman keseharian alam sekitar anak. Objek dalam gambar anak tersebut menampilkan bentuk seperti rumah, pohon, figur manusia, kendaraan, matahari, awan, dan sebagainya ditampilkan dalam susunan bentuk atau bidang organik dan geometris seperti, segitiga, segiempat, jajar genjang, trapesium, dan sebagainya sesuai dengan karakteristik gambar anak. Garis yang teridentifikasi didalam gambar anak meliputi, garis lurus, garis melengkung atau meliuk, garis zig-zag, dan garis patah-patah. Warna yang digunakan anak secara keseluruhan berdasarkan imajinasi anak, dan keinginannya pada saat menggambar. Objek yang digambarkan anak secara keseluruhan berdasarkan tipologi gambar anak adalah tipe non-haptic atau realistik. Berdasarakan karakteristik gambar, gambar anak adalah tipe naturastik, kecuali pada karya Naswa yaitu tipe komik. Bentuk objek non-realistik atau imajinatif terdapat pada karya Farel, Naswa, dan Aqila.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Garis, Bentuk atau Bidang, Warna, dan Gambar anak TK
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 18 Sep 2015 07:25
Last Modified: 18 Sep 2015 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26298

Actions (login required)

View Item View Item