PERBEDAAN KETEPATAN SERVIS ATAS DENGAN SERVIS BAWAH PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SD NEGERI SLEWAH, JATIREJO, KALIGESING TAHUN AJARAN 2014/ 2015

Hendro Sutikno (2015) PERBEDAAN KETEPATAN SERVIS ATAS DENGAN SERVIS BAWAH PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SD NEGERI SLEWAH, JATIREJO, KALIGESING TAHUN AJARAN 2014/ 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
HENDRO SUTIKNO_09604224106.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Peserta ekstrakurikuler bola voli SD Negeri Slewah memiliki minat yang besar pada cabang olahraga bola voli, namun teknik-teknik dasar bola voli yang dilakukan peserta kurang terlatih, terutama pada teknik servis yang belum mencapai ketepatan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan ketepatan servis atas dengan servis bawah pada siswa peserta ekstrakurikuler bola voli di Sekolah Dasar Negeri Slewah Jatirejo Kaligesing tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode survei menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler bolavoli di SD N Slewah Jatirejo sebanyak 20 orang. Penelitian ini menggunakan non random sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes ketepatan teknik AAHPER Serving Accurary Test dengan kesempatan sebanyak 10 kali servis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t (t-test), dengan tingkat kesalahan 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan ketepatan servis dengan menggunakan servis atas dan servis bawah pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SD N Slewah Jatirejo. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis diketahui skor rata-rata (mean) servis bawah sebesar 26,90 sedangkan skor rata-rata (mean) servis atas sebesar 21,55. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t hitung sebesar 4,535 lebih besar dari t tabel yaitu 2,021. Karena t hitung berada di daerah penolakan sebelah kanan (positif) maka servis bawah lebih baik dalam menghasilkan ketepatan servis pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di Sekolah Dasar Negeri Slewah Jatirejo Kaligesing tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ketepatan servis, servis atas, servis bawah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Sep 2015 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26294

Actions (login required)

View Item View Item