IDENTIFIKASI TINGKAT KESULITAN PROSES BELAJAR PRAKTIK MEMBATIK SISWA KELAS II PROGRAM KEAHLIAN KRIA TEKSTIL SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Dian, Mirnayati (2015) IDENTIFIKASI TINGKAT KESULITAN PROSES BELAJAR PRAKTIK MEMBATIK SISWA KELAS II PROGRAM KEAHLIAN KRIA TEKSTIL SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DIAN Mirnayati 06513245005.pdf

Download (828kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IDENTIFIKASI TINGKAT KESULITAN PROSES BELAJAR PRAKTIK MEMBATIK SISWA KELAS II PROGRAM KEAHLIAN KRIA TEKSTIL SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA Oleh : Dian Mirnayati 06513245005 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) seberapa tinggi tingkat kesulitan yang dihadapi siswa dalam proses belajar praktik membatik pada tahap persiapan belajar praktik membatik; 2) seberapa tinggi tingkat kesulitan yang dihadapi siswa dalam proses belajar praktik membatik pada tahap pelekatan lilin; 3) seberapa tinggi tingkat kesulitan yang dihadapi siswa dalam proses belajar praktik membatik pada tahap pewarnaan; 4) seberapa tinggi tingkat kesulitan yang dihadapi siswa dalam proses belajar praktik membatik pada tahap pelepasan lilin. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5, yang beralamat di Jl. Kenari No.71 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II program studi kria tekstil berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling sebanyak 54 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (quetionnere). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan yang dialami siswa kelas II program keahlian kria tekstil di dalam proses belajar batik di SMK N 5 Yogyakarta sebagai berikut; 1) tahapan persiapan siswa dalam proses belajar praktik membatik dengan kategori cukup sebanyak 20 siswa dengan presentase 37.04%, pada tahapan proses praktik membatik; 2) siswa mengalami tingkat kesulitan pada proses pelekatan lilin dengan kategori cukup sebanyak 29 siswa dengan presentase 53.70%; 3) proses pewarnaan pada motif batik dengan kategori cukup sebanyak 34 siswa dengan persentase 62,97%; 4) proses pelepasan lilin dengan kategori cukup sebanyak 31 siswa dengan persentase 57,41%. Tahapan persiapan materi diperoleh hasil dengan kategori sangat tinggi sebanyak 40 siswa dengan persentase 74,07% dan evaluasi proses belajar praktik membatik diperoleh hasil dengan kategori tinggi sebanyak 32 siswa dengan persentase 59,26%. Dari hasil penelitian dapat diidentifikasi bahwa siswa dalam melakukan tahapantahapan proses belajar praktik membatik masih banyak mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Sep 2015 01:40
Last Modified: 30 Jan 2019 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26288

Actions (login required)

View Item View Item