PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 KLATEN

Diah, Suryandari Hardianto (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Diah Suryandari 04513241021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 KLATEN Oleh. Diah Suryandari Hardianto 04513241021 Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran materi menggambar busana dengan pendekatan kontekstual dan 2) mengetahui peningkatan prestasi belajar pada materi pelajaran menggambar busana dengan pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning) siswa kelas X di SMK Negeri 3 Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus satu kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X busana 2 di SMK Negeri 3 Klaten. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Lembar pengamatan menggunakan judgement exspert dan correlation product moment berjumlah 54 item dengan item gugur 9, yaitu nomor 17, 19, 20, 28, 33, 40, 41, 43 dan 49. Tes pilihan ganda menggunakan judgement exspert dan correlation biserial. Tes praktek kriteria penilaian menggunakan validitas judgement exspert. Reliabilitas pada lembar observasi dan tes praktek menggunakan antar rating dengan hasil 0,99 dan 0,97. Reliabilitas tes pilihan ganda menggunakan KR-20 dengan hasil 0,73. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif persentase dengan menghitung seluruh nilai dan dicari nilai rata-rata dari ketiga instrumen yaitu lembar pengamatan, tes tertulis bentuk pilihan ganda dan tes praktek. Pelaksanaan pembelajaran menggambar busana dengan pendekatan kontekstual pada siklus I. Perencanaan, siswa kurang antusias saat pembagian kelompok. Tindakan, mengadakan diskusi kelompok. Pengamatan, ditemukan siswa belum terbiasa dengan metode yang diterapkan guru. Refleksi, nilai siswa belum mencapai standar ketuntasan. Siklus II perencanaan, siswa antusias dalam pembagian kelompok. Tindakan, guru memotivasi dan menguatkan siswa. Pengamatan, ditemukan bahwa siswa telah mampu menganalisis, mengaplikasikan ide, mempresentasikan hasil diskusi dan pendapatnya dengan baik dan percaya diri. Refleksi, nilai siswa telah memenuhi standard ketuntasan. Berdasarkan temuan tersebut disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat diterapkan pada pembelajaran menggambar busana pada kelas X di SMK Negeri 3 Klaten. Prestasi belajar menggambar busana pada pra siklus 51,97 kurang memenuhi standard ketuntasan. Pada siklus I diberi tindakan pendekatan kontekstual, nilai ratarata prestasi belajar meningkat menjadi 65,94 masih kurang memenuhi standard ketuntasan, jadi diadakan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar siswa meningkat menjadi 81.66. Berdasarkan standard ketuntasan sekurangkurangnya mencapai 75% atau keseluruhan siswa yang ada di kelas tersebut memperoleh nilai 70 disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran menggambar busana pada kelas X di SMK Negeri 3 Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Sep 2015 01:23
Last Modified: 30 Jan 2019 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26282

Actions (login required)

View Item View Item