PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ADOBE FLASH PLAYER 10 UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BAGI SISWA KELAS VII SMP

Kurniawan pratama, Rony (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ADOBE FLASH PLAYER 10 UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BAGI SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia Adobe Flash Player 10 dalam keterampilan menulis teks eksposisi bagi siswa SMP Kelas VII. Gambaran awal penggunaan media pembelajaran menulis teks eksposisi selama ini masih kurang maksimal. Guru masih mengajar dengan berpedoman buku teks semata sehingga materi yang diajarkannya kurang dipahami oleh siswa. Selain itu, guru kurang interaktif dalam pembelajaran di kelas sehingga siswa cenderung pasif. Meski guru sudah menggunakan media berbantuan lcd proyektor, guru masih menyampaikan materi secara teoretis. Oleh sebab itu, siswa kurang diajarkan dalam terampil menulis teks eksposisi secara empiris dan mandiri. Langkah-langkah pengembangan multimedia Adobe Flash Player 10 untuk pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi bagi siswa kelas VII SMP sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan, (2) desain produk, (3) produksi, (4) uji validasi dan revisi, (5) uji produk, dan (6) pemanfaatan dan penyebaran. Analisis kebutuhan dilakukan secara dua tahap, yakni: (1) studi pustaka dan (2) observasi di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Untuk mendapatkan keabsahan data diperlukan validasi ahli media dan materi. Setelah dilakukan validasi oleh kedua ahli media, materi, dan uji praktisi dilakukan uji terbatas pada 34 siswa kelas VII F SMP Negeri 9 Yogyakarta. Kelayakan hasil penelitian dan pengembangan sebagai berikut. Pertama, hasil uji ahli media terhadap aspek tampilan dan aspek pemrograman diperoleh skor rata-rata 3,75 atau 76% dengan kategori layak. Kedua, hasil uji ahli materi terhadap aspek kualitas pembelajaran dan isi diperoleh skor rata-rata 4,44 atau 88% dengan kategori sangat layak. Ketiga, hasil uji praktisi (guru) terhadap aspek tampilan, materi, pembelajaran, kualitas pembelajaran, dan isi diperoleh skor rata- rata 4,56 atau 91% dengan kategori sangat layak. Keempat, hasil uji pengguna (siswa) terhadap aspek tampilan, materi, dan pembelajaran diperoleh 4,35 atau 87% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa media Adobe Flash Player 10 untuk pembelajaran teks eksposisi bagi siswa SMP kelas VII dapat dinyatakan layak digunakan bagi siswa kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Sep 2015 08:54
Last Modified: 30 Jan 2019 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26269

Actions (login required)

View Item View Item