PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MATERI BUDAYA HIDUP SEHAT UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Pramanta Dicky Rosandy (2015) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MATERI BUDAYA HIDUP SEHAT UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Pramanta Dicky R.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Materi mengenai budaya hidup sehat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba jarang disampaikan dengan baik di sekolah, guru hanya memberikan perintah kepada peserta didik untuk membaca LKS pada saat akan ujian sehingga peserta didik tidak memahami dengan baik bahaya yang ditimbulkan oleh narkoba. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media belajar tentang bahaya penyalahgunaan narkoba yang disusun secara sistematik agar mudah dipahami oleh peserta didik pada saat belajar secara mandiri maupun saat pembelajaran di kelas. Pengembangan ini dilakukan melalui tahapan yang dikembangkan berdasarkan yang ditulis oleh Nur Rohmah: pendahuluan, pengembangan desain umum, pengembangan desain multimedia, evaluasi produk, dan hasil akhir berupa media belajar yang dibuat. Produk awal yang divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa didapatkan setelah melalui tahap pendahuluan, kemudian produk diujicobakan kepada peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta melalui dua tahap yaitu uji coba satu lawan satu dan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menghasilkan sebuah media belajar materi budaya hidup sehat untuk peserta didik kelas X SMA. Kualitas produk media belajar: validasi produk oleh ahli materi adalah “sangat baik”, kemudian validasi ahli media adalah “sangat baik”, dan validasi ahli bahasa adalah “sangat baik”. Penilaian peserta didik secara keseluruhan adalah “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media belajar yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan untuk kelas X SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media belajar, materi budaya hidup sehat.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Sep 2015 08:54
Last Modified: 11 Mar 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26258

Actions (login required)

View Item View Item