PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI BERDASAR KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 TEMPURAN MAGELANG

Widoyoko, Ghani (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI BERDASAR KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 TEMPURAN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - GHANI WIDOYOKO - 09201244040 - PBSI - FBS - UNY.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran teks eksposisi berdasar kurikulum 2013 pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tempuran, ditinjau dari tiga komponen pembelajaran. Komponen pembelajaran yang diteliti dan dideskripsikan, yaitu materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan peneliti adalah data kualitatif berupa uraian pengamatan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian instrumen dalam penelitian ini adalah Human Instrument, panduan observasi, dan panduan wawancara. Peneliti terjun langsung dalam penelitian dengan menggunakan panduan observasi dan panduan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data model interaktif. Analisis data model interaktif melalui tiga tahap, pertama reduksi data, kedua penyajian data, dan ketiga kesimpulan atau verivikasi. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik tiga kesimpulan. Pertama, materi pembelajaran teks eksposisi berdasar kurikulum 2013 mencakup struktur teks eksposisi, dan unsur kebahasaan. Sumber yang digunakan adalah buku “Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan” untuk SMP/MTs kelas VII, oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013. Kedua, metode yang digunakan dalam pembelajaran teks eksposisi berdasar kurikulum 2013 adalah metode pembelajaran penemuan (discovery learning), diskusi, tanya jawab, pemberian tugas, dan pendekatan komunikatif. Penggunaan metode pembelajaran di kelas sesuai dengan RPP yang disusun oleh guru. Ketiga, evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran teks eksposisi berdasar kurikulum 2013 adalah penilaian otentik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Sep 2015 08:54
Last Modified: 30 Jan 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26253

Actions (login required)

View Item View Item