Komparasi Keefektifan Pendekatan Open-Ended Setting Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dan Think-Pair-Share (TPS) pada Pembelajaran Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Logis, dan Keyakinan Diri Peserta Didik Kelas VIII

Maulina, Isna (2015) Komparasi Keefektifan Pendekatan Open-Ended Setting Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dan Think-Pair-Share (TPS) pada Pembelajaran Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Logis, dan Keyakinan Diri Peserta Didik Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-isna-maulina-13705252024.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) keefektifan pendekatan open-ended setting cooperative learning tipe STAD dan TPS dan (2) pendekatan yang lebih efektif antara pendekatan open-ended setting cooperative learning tipe STAD dibandingkan dengan pendekatan open ended setting cooperative learning tipe TPS pada pembelajaran geometri bangun ruang sisi datar ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir logis, dan keyakinan diri peserta didik kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan non-equivalent (pre-test and post-test) group design. Penelitian ini bertempat di SMP N 8 Yogyakarta pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-6 dan VIII-7 yang masing-masing kelas berjumlah 32 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara guru, lembar observasi check list peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes prestasi belajar, tes kemampuan berpikir logis, dan angket keyakinan diri. Analisis data untuk mengukur keefektifan menggunakan uji Manova dan untuk mengetahui pendekatan yang lebih efektif menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan open-ended setting cooperative learning tipe STAD efektif ditinjau dari prestasi belajar dan keyakinan diri peserta didik namun tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir logis. Pendekatan open-ended setting cooperative learning tipe TPS efektif ditinjau keyakinan diri peserta didik namun tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan berpikir logis. Pendekatan open-ended setting cooperative learning tipe STAD dibandingkan dengan pendekatan open-ended setting cooperative learning tipe TPS: (1) lebih efektif ditinjau dari prestasi belajar, (2) lebih baik ditinjau dari kemampuan berpikir logis, dan (3) tidak lebih efektif ditinjau dari keyakinan diri peserta didik pada pembelajaran geometri bangun ruang sisi datar kelas VIII.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: open-ended, cooperative learning, STAD, TPS, prestasi belajar, kemampuan berpikir logis, keyakinan diri
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 03:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26251

Actions (login required)

View Item View Item