PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI AIR 3.2 FOR ANDROID PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Indra, Herlambang (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI AIR 3.2 FOR ANDROID PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
indra herlambang.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI AIR 3.2 FOR ANDROID PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN Oleh: Indra Herlambang 11505241025 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi AIR 3.2 for android pada mata pelajaran mekanika teknik, dan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik, pokok bahasan tentang analisis konstruksi sederhana pada konstruksi rangka batang. Penelitian ini berupa media pembelajaran yang dapat diajarkan melalui handphone dengan OS android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan (Define, Design, Develop, Disseminate). Populasi yang digunakan adalah kelas X jurusan teknik gambar bangunan di SMK Negeri 1 Seyegan, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan soal pretest dan posttest. Angket digunakan untuk validasi, penilaian media oleh guru dan siswa, sedangkan soal pretest dan posttest digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian ini adalah produk media pembelajaran yang terdiri dari 7 komponen utama, yaitu Halaman home, halaman home materi, halaman kuis, halaman profil, halaman kompetensi inti dan kompetensi dasar, halaman tujuan pembelajaran, dan halaman petunjuk. Media pembelajaran ini dinilai sangat layak oleh siswa sehingga media dapat digunakan dalam pembelajaran. Analisis terhadap hasil uji produk menggunakan uji-t menunjukan peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar siswa setelah menggunakan media. Kata kunci : Media pembelajaran, android, mekanika teknik, analisis konstruksi sederhana

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Sep 2015 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26237

Actions (login required)

View Item View Item