PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA DIKLAT MENGHIAS BUSANA MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBASIS KELOMPOK DI SMK NEGERI 2 GODEAN

Dhatu, Amurwa Rhani (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA DIKLAT MENGHIAS BUSANA MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBASIS KELOMPOK DI SMK NEGERI 2 GODEAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dhatu Amura Rhani - 07513245006.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA DIKLAT MENGHIAS BUSANA MELALUI METODE DEMONSTRASI BERBASIS KELOMPOK DI SMK NEGERI 2 GODEAN Oleh : Dhatu Amurwa Rhani 07513245006 Penelitianini bertujuan untuk menerapkan metode demonstrasi berbasis kelompok pada mata diklat menghias busana kelas XI Busana 1 di SMK Negeri 2 Godean dan meningkatkan prestasi belajar pada mata diklat menghias busana dengan metode demonstrasi berbasis kelompok kelas XI Busana 1 di SMK Negeri 2 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2009. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Busana I yang berjumlah 32 siswa di SMK Negeri 2 Godean. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan dan lembar penilaian unjuk kerja. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan judgement expert dengan hasil 2 � S � 4, maka lembar penilaian unjuk kerja dinyatakan layak (valid). Reliabilitas data menggunakan antar rater dengan hasil rata-rata rating dari ketiga orang rater diperoleh hasil 0,973 sedangkan estimasi rata-rata reliabilitas bagi seorang rater diperoleh hasil 0,923. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penerapan metode demonstrasi berbasis kelompok pada mata diklat menghias busana di kelas XI Busana I, meliputi: (a) Perencanaan, dilakukan oleh guru berkolaborasi dengan peneliti merencanakan proses belajar mengajar menggunakan media pendukung job sheet. (b) Tindakan, dilakukan oleh guru dengan memberi pemahaman tentang bordir dan mengelompokkan siswa. (c) Pengamatan, dilakukan oleh peneliti terhadap kegiatan belajar dan keaktifan siswa. (d) Refleksi, berupa hasil tahap akhir dari pra siklus, siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Hasil peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari ke ikut sertaan dalam kegiatan belajar dari 5 siswa (15,63%) sebelum tindakan meningkat menjadi 8 siswa (25%) pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 19 siswa (59,4%), pada siklus III meningkat menjadi 21 siswa (65,6%). Siswa yang aktif dalam proses belajar mengajar di kelas meningkat dari 5 siswa (15,63%) menjadi 8 siswa (25%) pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 14 siswa (43,8%), pada siklus III meningkat menjadi 25 siswa (78,13%). Nilai prestasi belajar siswa pada siklus I meningkat dari 59,6 (32 siswa belum tuntas) meningkat 32,65% menjadi 62,2 (7 siswa tuntas dan 25 siswa belum tuntas); pada siklus II meningkat 40,54% menjadi 74,1(22 siswa tuntas dan 10 siswa belum tuntas); siklus III meningkat 45,73% menjadi 83,5(32 siswa tuntas).Berdasarkan indikator keberhasilan sekurang-kurangnya mencapai 75% atau keseluruhan siswa yang ada di kelas tersebut memperoleh nilai rata-rata 70 maka pelaksanaan proses belajar mengajar mata diklat menghias busana materi bordir dengan metode demonstrasi berbasis kelompok dapat dikatakan berhasil. Kata kunci: Prestasi belajar, Metode demonstrasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Sep 2015 03:07
Last Modified: 30 Jan 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26228

Actions (login required)

View Item View Item