KULTUR SEKOLAH DI SMA GADJAH MADA YOGYAKARTA

Fify, Rosaliana (2015) KULTUR SEKOLAH DI SMA GADJAH MADA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Fify Rosaliana_11110241005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kultur sekolah di SMA Gadjah Mada Yogyakarta. Deskripsi terkait dengan artifak sekolah, nilai dan keyakinan serta asumsi warga sekolah mengenai kultur sekolah SMA Gadjah Mada Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah warga sekolah SMA Gadjah Mada Yogyakarta dengan jumlah informan: 1 orang wakil kepala sekolah, 3 orang guru mata pelajaran, dan 10 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulai sumber dan triangulasi metode. Intrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kultur sekolah di SMA Gadjah Mada Yogyakarta belum sesuai antara implementasi dengan nilai-nilai yang terdapat di lingkungan sekolah sehingga kultur sekolah yang positif brlum dikembangkan secara optimal. Hal tersebut menimbang bahwa: (1) Warga sekolah belum memahami kultur sekolah baik yang berkembang di dalam lingkungan sekolah, (2) Artifak sekolah belum dapat memadai kebutuhan sekolah dan tidak terawat dengan baik,(3) Toleransi, kebersamaan dan solidaritas merupakan nilai yang paling kuat diantara warga sekolah SMA Gadjah Mada Yogyakarta namun nilai toleransi, kebersamaan dan solidaritas belum dikembangkan secara optimal,(3) Nilai dan keyakinan yang berkembang di dalam lingkungan sekolah kurang optimal karena pihak sekolah kurang menangani dan mengolah secara serius,(4) Beberapa nilai positif kurang dikembangkan oleh pihak sekolah dengan optimal, (5) Pihak sekolah merasa telah kehabisan cara untuk menanamkan kedisiplinan pada siswa,(6) Asumsi warga sekolah mengenai kultur sekolah tidak sesuai dengan kenyataan yang ada baik dari artifak serta nilai dan keyakinan yang berkembang di lingkungan sekolah. Kata kunci: Kultur sekolah, warga sekolah, SMA Gadjah Mada Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 14 Sep 2015 08:39
Last Modified: 30 Jan 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26211

Actions (login required)

View Item View Item