PENERAPAN SYARAT-SYARAT PERDAGANGAN (TRADING TERMS) PADA BISNIS RETAIL MODERN

Chandra Dewi Puspitasari, Chandra PENERAPAN SYARAT-SYARAT PERDAGANGAN (TRADING TERMS) PADA BISNIS RETAIL MODERN. CIVICS.

[img]
Preview
Text
SYARAT_DAGANG-ChandraDewiP-NEW.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kelebihan-kelebihan yang dimiliki beberapa hipermarket membuat konsumen semakin tertarik pada toko modern dengan format tersebut. Hal ini membuat hipermarket tumbuh dalam iklim persaingan. Dalam menghadapi persaingan yang ada, kadangkala berbagai cara dilakukan, salah satunya yang pernah terjadi adalah dengan menerapkan syarat perdagangan yang memberatkan pemasok barang. Pada akhirnya, berdampak pada munculnya persaingan usaha tidak sehat karena secara tidak langsung pesaing peritel dihalangi untuk melakukan kegiatan yang sama. Kini, syarat-syarat perdagangan yang diperbolehkan untuk dikenakan pada pemasok hanyalah syarat-syarat perdagangan sebagaimana telah disebutkan pada pasal 8 ayat 4 Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern, yang kemudian diperinci pada pasal 7 ayat 2 dan pasal 8 Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 53/M-DAG/PER/12/2008 tentang Pedoman Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. Menciptakan iklim persaingan usaha yang sehat melalui penerapan syarat-syarat perdagangan dapat direalisasikan dengan selalu melakukan monitoring atau pengawasan terhadap penerapan ketentuan yang telah ada. Kata Kunci: syarat-syarat perdagangan, persaingan usaha, hipermarket

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Users 1022 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2012 03:07
Last Modified: 24 Jul 2012 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2620

Actions (login required)

View Item View Item