Dewi, Pitasari (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.
|
Text
Dewi Pitasari - 10502241033 - FT - PT Elka - Skripsi - 2014.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL Oleh: Dewi Pitasari NIM. 10502241033 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh sikap siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar, (3) pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan sikap siswa dalam pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data untuk variabel persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan sikap siswa dalam pembelajaran menggunakan angket, sedangkan variabel prestasi belajar siswa menggunakan dokumentasi hasil belajar semester gasal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif data untuk mengetahui gambaran variabel, analisis regresi sederhana dan regresi ganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa dengan kontribusi sebesar 11,079%, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 8,321%, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan sikap siswa dalam pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan kontribusi sebesar 14,8% Kata kunci: metode mengajar guru, sikap, dan prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 14 Sep 2015 03:06 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26189 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |