KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN KELAS XI SMA NEGERI 2 WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Rahmawati, Ratna (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN KELAS XI SMA NEGERI 2 WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis teks cerpen siswa yang menggunakan media pembelajaran film kartun dibandingkan dengan yang menggunakan media pembelajaran teks cerpen; (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menulis teks cerpen siswa yang menggunakan media pembelajaran film kartun pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Wonosari. Berdasarkan teknik cluster random sampling ditetapkan kelas XI Bahasa sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa validitas isi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai t୦୧୲୳୬୥ sebesar 6,728 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai t୦୧୲୳୬୥ sebesar -19,742 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) ada perbedaan tingkat kemampuan menulis teks cerpen pembelajaran siswa dengan menggunakan media film kartun dengan pembelajaran siswa tanpa menggunakan media film kartun; (2) penggunaan media film kartunefektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Wonosari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 14 Sep 2015 08:39
Last Modified: 30 Jan 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26188

Actions (login required)

View Item View Item