Satriawan, Rabwan (2015) Pengaruh Model Latihan dan Motivasi Latihan terhadap Keterampilan Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket Putra SMP Negeri Pandak Kabupaten Bantul (Studi Eksperimen dengan Model Latihan Drill dengan Pendekatan Demonstrasi dan Model Latihan Bermain dengan Pendekatan Taktis pada Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket SMP Negeri 1 Pandak dan SMP Negeri 3 Pandak). S2 thesis, UNY.
Text
tesis-rabwan-satriawan-13711251059.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara model latihan drill dengan pendekatan demonstrasi dan model latihan bermain dengan pendekatan taktis terhadap keterampilan bolabasket, (2) perbedaan peningkatan keterampilan bolabasket antara peserta ekstrakurikuler yang memiliki motivasi latihan tinggi dan motivasi latihan rendah, dan (3) interaksi antara model latihan dan motivasi latihan terhadap keterampilan bolabasket. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 1 Pandak dan SMP Negeri 3 Pandak. Sampel penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bolabasket putra SMP Negeri 1 Pandak dan SMP Negeri 3 Pandak dengan jumlah 35 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari tiga variabel: (1) variabel independent yakni model latihan (latihan drill dengan pendekatan demonstrasi dan latihan bermain dengan pendekatan taktis) (2) variabel atribut yakni motivasi latihan dan (3) variabel dependent yakni keterampilan bolabasket. Seluruh data penelitian ini diperoleh melalui tes dan pengukuran. Instrumen motivasi latihan diukur menggunakan angket motivasi latihan dan keterampilan bolabasket diukur dengan Jhonson Basket Ball Test. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) dua jalur, yang dilanjutkan dengan uji rentang Pairwise Comparisons pada taraf signifikan α = 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan drill dengan pendekatan demonstrasi dan latihan bermain dengan pendekatan taktis terhadap keterampilan bolabasket, terbukti dari nilai p = 0.000 < 0.05, (2) ada perbedaan yang signifikan hasil keterampilan bolabasket antara peserta yang memiliki motivasi latihan tinggi dengan motivasi latihan rendah, terbukti dari nilai p = 0.032 < 0.05, dan (3) ada interaksi antara model latihan dan motivasi latihan terhadap keterampilan bolabasket, terbukti dari nilai p = 0.000 < 0.05. Kelompok peserta yang memiliki motivasi latihan tinggi lebih tepat jika dilatih dengan model latihan bermain dengan pendekatan taktis, sedangkan kelompok peserta yang memiliki motivasi latihan rendah lebih tepat jika dilatih dengan model latihan drill dengan pendekatan demonstrasi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Latihan, Motivasi, Keterampilan Bolabasket |
Subjects: | Olahraga |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 14 Sep 2015 08:39 |
Last Modified: | 09 May 2019 03:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26184 |
Actions (login required)
View Item |