Pengembangan Kompetensi dan Pendidikan Berkelanjutan Pustakawan Perguruan Tinggi Agama Islam: Studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Masruri, Anis (2015) Pengembangan Kompetensi dan Pendidikan Berkelanjutan Pustakawan Perguruan Tinggi Agama Islam: Studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-anis-masruri-06703261010.swf

Download (9MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk: (1) mengungkapkan realitas kompetensi pustakawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menurut persepsi pustakawan, pimpinan perpustakaan, dan pengguna perpustakaan, (2) menganalisis karakteristik kompetensi pustakawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang ideal menurut persepsi pustakawan, pimpinan perpustakaan, pengguna perpustakaan dan para ahli, dan (3) mengungkapkan pendidikan berkelanjutan yang sesuai dengan karakteristik kompetensi pustakawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menurut pendapat pustakawan, pimpinan perpustakaan, pengguna perpustakaan, dan para ahli. Studi ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dengan alasan bahwa pustakawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki karakteristik khusus sebagai pustakawan pada perguruan tinggi agama Islam. Masalah yang dikaji dalam studi ini adalah pengembangan kompetensi dan pendidikan berkelanjutan bagi pustakawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Standar kompetensi yang digunakan untuk mengungkapkan kompetensi Pustakawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah mengacu pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 25 Tahun 2008, dan Keputusan Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi Nomor 82 Tahun 2012. Subjek penelitian ini sebanyak 20 orang yang terdiri dari 5 orang pustakawan, 13 orang pengguna perpustakaan, dan 2 orang pimpinan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada proses yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu meliputi koleksi data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kesimpulan dari studi ini adalah 1) berdasarkan persepsi pustakawan, pimpinan perpustakaan, dan pengguna perpustakaan, pustakawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta belum memiliki kompetensi yang baik dalam mengelola perpustakaan, 2) pustakawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta seharusnya mempunyai kompetensi yang baik dalam bidang manajerial, bidang pengelolaan informasi, bidang kependidikan, bidang kepribadian, bidang sosial, dan dan bidang pengembangan profesi, dan 3) kompetensi pustakawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta harus dikembangkan melalui pendidikan berkelanjutan, berupa pendidikan non formal dengan materi dan metode yang mengacu pada prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa (andragogi). Adapun materi yang perlu dipelajari oleh pustakawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta meliputi: kajian minat dan kebutuhan informasi pengguna perpustakaan, seleksi bahan pustaka, pengadaan bahan pustaka, organisasi dan analisis informasi, manajemen perpustakaan, pelayanan informasi, literasi informasi, teknologi informasi, pengembangan kepribadian, dan keterampilan interpersonal. Metode pendidikan yang disukai oleh pustakawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah metode ceramah, demontrasi, pemecahan masalah dan diskusi, baik digunakan secara terpisah ataupun digunakan sebagai kesatuan dalam proses pembelajaran, menyesuaikan dengan materi yang dipelajari, ketersediaan waktu dan fasilitas, serta kemampuan fasilitator.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pustakawan, Pendidikan Berkelanjutan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Sep 2015 08:39
Last Modified: 09 May 2019 03:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26180

Actions (login required)

View Item View Item