PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMA NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA

Cintia Kusuma Dewi, Cintia (2015) PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMA NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
CINTIA KUSUMA DEWI_11104241065.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh merebaknya fenomena bullying di kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat konformitas teman sebaya, (2) mengetahui tingkat perilaku bullying, (3) mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku bullying pada siswa SMA Negeri 1 Depok, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Sampel penelitian berjumlah 191 siswa. Alat pengumpulan data berupa skala konformitas teman sebaya dan skala perilaku bullying. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan expert judgment sedangkan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan nilai koefisien 0,909 pada konformitas teman sebaya dan 0,935 pada perilaku bullying. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) konformitas teman sebaya memiliki kategori sangat tinggi sebesar 8,90%, kategori tinggi sebesar 37,70%, kategori sedang sebesar 38,70%, kategori rendah sebesar 13,60%, dan kategori sangat rendah sebesar 1,0%; (2) perilaku bullying memiliki kategori sangat tinggi sebesar 3,10%, kategori tinggi sebesar 3,10%, kategori sedang sebesar 22,00%, kategori rendah sebesar 49,20%, dan kategori sangat rendah sebesar 22,50%. (3) ada pengaruh positif dan signifikan variabel konformitas teman sebaya dan perilaku bullying dengan nilai p (0,000) < 0,05. Dengan demikian, variabel perilaku bullying dapat dipengaruhi oleh konfomitas teman sebaya.Terdapat sumbangan efektif variabel konformitas teman sebaya terhadap perilaku bullying sebesar 21,50%. Kata kunci: konformitas teman sebaya, perilaku bullying

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 14 Sep 2015 08:39
Last Modified: 30 Jan 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26174

Actions (login required)

View Item View Item