PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Umi Hidayatun, Umi (2015) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
UMI HIDAYATUN_11104241045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif remaja, 2) pengaruh dukungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif remaja, 3) pengaruh intensitas penggunaan media sosial dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif remaja. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil menggunakan teknik proposional random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala intensitas penggunaan media sosial, skala dukungan teman sebaya dan skala perilaku konsumtif. Uji validitas menggunakan validitas isi melalui analisis rasional dari ahli atau expert judgement. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan SPSS 16.00 for Windows diperoleh koefisien reliabilitas intensitas penggunaan media sosial sebesar 0,722, skala dukungan teman sebaya sebesar 0,700 dan skala perilaku konsumtif sebesar 0,739. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana pada uji hipotesis pertama dan kedua dan regresi berganda pada uji hipotesis ketiga dengan nilai signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif remaja dengan p (0,000) < 0,05, (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara dukungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif remaja dengan p (0,000) < 0,05, (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif remaja dengan p (0,000) < 0,05. Dengan demikian, variabel intensitas penggunaan media sosial dan dukungan teman sebaya baik secara masing-masing ataupun bersama-sama memprediksikan variabel perilaku konsumtif remaja. Kata kunci: media sosial, dukungan teman sebaya, perilaku konsumtif remaja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 14 Sep 2015 08:39
Last Modified: 30 Jan 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26172

Actions (login required)

View Item View Item