STUDI EKSPLORASI MANFAAT DANA PENGUATAN MODAL BAGI PELAKU USAHA TANAMAN PANGAN DAN HOLTIKULTURA DI KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Anjarwati, Susi (2015) STUDI EKSPLORASI MANFAAT DANA PENGUATAN MODAL BAGI PELAKU USAHA TANAMAN PANGAN DAN HOLTIKULTURA DI KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Manfaat dari pencairan Dana Penguatan Modal bagi pelaku usaha kelompok Tanaman Pangan dan Holtikultura. (2) Sejauh mana manfaat DPM yang dirasakan oleh penerima DPM. (3) Permasalah dan kendala yang dihadapi oleh kelompok Tanaman Pangan dan Holtikultura. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Menggunakan data primer dari angket dan dilengkapi data sekunder yang diperolah dari instansi atau lembaga terkait yaitu Pemerintah Kabupaten Sleman. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok usaha Tanaman Pangan dan holtikultura yang menerima DPM. Sampel diambil sebanyak 50 penerima DPM dengan menggunakan teknik quota sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel data dan gambar diagram. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) manfaat dari DPM dapat meningkatkan kinerja usaha, perkembangan usaha, kesuksesan usaha, kesejahteraan keluarga, dan tanpa adanya DPM akan mengalami kesulitan usaha. Hal ini dapat dilihat bahwa sebanyak 13 orang atau 26% resonden menyatakan sangat setuju dan 37 orang atau 74% menyatakan setuju bahwa DPM bermanfaat bagi penerimanya. (2) Bentuk manfaat DPM dapat dilihat dari peningkatan modal usaha sebesar 86%, peningkatan tenaga kerja sebesar 0,2%, kenaikan pendapatan sebanyak 70%. kenaikan asset sebesar 53% dan kenaikan tabungan sebesar 60%. (3) Permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh penerima DPM meliputi kendala pencairan dana, pemanfaat dana, pengembalian dana dan permasalahan lain didalam kelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Mikro
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 14 Sep 2015 08:39
Last Modified: 30 Jan 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26169

Actions (login required)

View Item View Item