PENGARUH PENDIDIKAN PERKOPERASIAN DAN PELAYANAN KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) ARGO SUMBING MANDIRI KECAMATAN TEMBARAK, KABUPATEN TEMANGGUNG

Richinta Gania Siwi, Dhea Ayu (2015) PENGARUH PENDIDIKAN PERKOPERASIAN DAN PELAYANAN KOPERASI TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) ARGO SUMBING MANDIRI KECAMATAN TEMBARAK, KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh pendidikan perkoperasian terhadap partisipasi anggota KSP Argo Sumbing Mandiri. (2) Pengaruh pelayanan koperasi terhadap patisipasi anggota KSP Argo Sumbing Mandiri. (3) Pengaruh pendidikan perkoperasian dan pelayanan koperasi terhadap partisipasi anggota KSP Argo Sumbing Mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Variabel penelitian ini adalah pendidikan perkoperasian, pelayanan koperasi dan partisipasi anggota. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anggota koperasi simpan pinjam (KSP) Argo Sumbing Mandiri di Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung yang berjumlah 460 siswa. Sampel diambil sebanyak 198 orang dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan perkoperasian terhadap partisipasi anggota. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pelayanan koperasi terhadap partisipasi anggota. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama pendidikan perkoperasian dan pelayanan koperasi terhadap partisipasi anggota. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,444 atau 44,4% dapat diartikan bahwa 44,4% partisipasi anggota dipengaruhi oleh pendidikan perkoperasian dan pelayanan koperasi, sedangkan sisanya sebesar 55,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Bank dan Perbankan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 14 Sep 2015 08:39
Last Modified: 30 Jan 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26165

Actions (login required)

View Item View Item