Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Numbered Heads Together (NHT) Dengan Pendekatan Open Ended Ditinjau dari Prestasi Belajar Geometri dan Minat Belajar Matematika Siswa SMA

Bahri, Samsul (2015) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Numbered Heads Together (NHT) Dengan Pendekatan Open Ended Ditinjau dari Prestasi Belajar Geometri dan Minat Belajar Matematika Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-samsul-bahri-13709251051.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan open ended ditinjau dari prestasi belajar geometri dan minat belajar matematika siswa SMAN 1 Praya Barat; (2) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan open ended ditinjau dari Prestasi belajar geometri dan minat belajar matematika siswa SMAN 1 Praya Barat; (3) pembelajaran yang lebih efektif antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan NHT dengan pendekatan open ended ditinjau dari prestasi belajar geometri dan minat belajar matematika siswa SMAN 1 Praya Barat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas X SMAN 1 Praya Barat yang terdiri dari 7 kelas. Dari populasi itu diambil dua kelas secara acak, kemudian diperoleh kelas X2 dan X3. Kelas X2 belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan open ended dan kelas X3 belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan open ended. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket minat belajar matematika (r = 0,881) dan tes prestasi belajar matematika. Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan NHT dengan pendekatan open ended pada masing-masing variabel, data dianalisis dengan uji one sample t test pada taraf signifikansi 5%. Selanjutnya untuk membandingkan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan NHT dengan pendekatan open ended, data dianalisis multivariat dengan statistik uji T2 Hotelling pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan NHT dengan pendekatan open ended efektif terhadap prestasi dan minat belajar matematika; 2) tidak terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan NHT dengan Pendekatan open ended ditinjau dari prestasi dan minat belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Praya Barat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: TPS dengan pendekatan open ended, NHT dengan pendekatan open ended, prestasi belajar dan minat belajar matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Sep 2015 02:03
Last Modified: 09 May 2019 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26160

Actions (login required)

View Item View Item