PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT DENGAN VIDEO DAN ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PERAWATAN UNIT KOPLING SISWA KELAS 2 JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Anang, Nugroho (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT DENGAN VIDEO DAN ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PERAWATAN UNIT KOPLING SISWA KELAS 2 JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Anang N 10504244019.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT DENGAN VIDEO DAN ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PERAWATAN UNIT KOPLING SISWA KELAS 2 JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Anang Nugroho 10504244019 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video dan animasi terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas 2 pada materi perawatan unit kopling program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Piri 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain pretest-posttest only control group design, bertempat di SMK Piri 1 Yogyakarta dalam waktu efektif 3 pertemuan mulai tanggal 24 oktober sampai 29 november 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri 1 Yogyakarta yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampel penelitian yang diambil adalah 4 kelas yang dibagi jadi 2 kelompok untuk masing-masing dijadikan kelas eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil nilai hasil belajar maupun nilai pengisian angket motivasi belajar pada tiap kelas. Sebelum dilakukan analisa data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Diketahui nilai kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai varian yang homogen. Selanjutnya dianalisa dengan menggunakan analisis data dengan uji-t dua sampel independen dengan taraf signifikansi 0,05 menggunakan bantuan spss 17. Hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh penggunan media video dan animasi pembelajaran terhadap motivasi maupun prestasi siswa. Hal ini dapat ditunjukan dengan (1) Terdapat pengaruh penggunaan media video dan animasi terhadap motivasi belajar, yang dapat ditunjukan dengan perhitungan uji-t didapatkan nilai t hitung (1,146) < t tabel (1,988) yang berarti bahwa motivasi kelas eksperimen hampir sama atau tidak berbeda secara signifikan dengan motivasi kelas kontrol, hal tersebut didukung dengan perolehan rata-rata motivasi belajar kelas kontrol sebagian besar siswa (66,67%) dari 36 siswa masuk dalam ketegori tinggi, sedang untuk motivasi belajar kelas eksperimen sebagian besar (73,08%) dari 52 siswa masuk dalam kategori tinggi. (2) Terdapat pengaruh media video dan animasi terhadap prestasi belajar, yang dapat ditunjukan dengan perhitungan uji-t diperoleh nilai t hitung (7,035) > t tabel (1,99) yang berarti bahwa prestasi belajar kelas eksperimen berbeda dengan prestasi kelas kontrol, hal tersebut diperkuat dengan hasil prestasi belajar kelas kontrol semua siswa (100%) dari 36 siswa mendapatkan nilai dibawah 75 sehingga masuk dalam kategori tidak tuntas, sedang prestasi belajar kelas eksperimen ada sekitar 16 siswa (34,04%) dari 47 siswa mendapatkan nilai diatas 75 sehingga masuk dalam kategori tuntas. Kata Kunci: Media Video dan Animasi, Unit Kopling, Motivasi dan Prestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 11 Sep 2015 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26159

Actions (login required)

View Item View Item