PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INVENTOR DENGAN KELENGKAPAN VIDEO TUTORIAL UNTUK SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Amorro, Nur Radian (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INVENTOR DENGAN KELENGKAPAN VIDEO TUTORIAL UNTUK SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Amorro Nur Radian11503241001.pdf

Download (158MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INVENTOR DENGAN KELENGKAPAN VIDEO TUTORIAL UNTUK SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh: Amorro Nur Radian NIM. 11503241001 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: 1) menghasilkan modul pembelajaran inventor dengan kelengkapan video tutorial untuk siswa kelas XII, dan 2) mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran inventor dengan kelengkapan video tutorial yang telah dihasilkan untuk siswa kelas XII. Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian dilakukan di Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 2 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket tertutup dengan skala Likert 4 pilihan jawaban. Angket divalidasi oleh seorang ahli evaluasi, kemudian diberikan kepada ahli materi dan media untuk memvalidasi modul pembelajaran dan video tutorial dan dilakukan uji coba terbatas dan uji coba keterbacaan pada siswa. Untuk mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran inventor dengan kelengkapan video tutorial, data hasil angket dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Modul pembelajaran inventor telah dihasilkan dengan kelengkapan video tutorial untuk kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Produk yang dihasilkan melalui 11 langkah pengembangan, yaitu: (1) identifikasi masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain modul pembelajaran dan video tutorial, (4) validasi desain modul pembelajaran dan video tutorial, (5) revisi desain modul pembelajaran dan video tutorial, (6) pembuatan produk, (7) uji coba terbatas, (8) revisi produk 1, (9) uji coba keterbacaan, (10) revisi produk 2, dan (11) produk siap digunakan. Setelah melalui semua langkah pengembangan, maka modul dengan kelengkapan video tutorial layak untuk digunakan sebagai sarana belajar siswa. 2) Tingkat kelayakan modul pembelajaran inventor dengan kelengkapan video tutorial yang dihasilkan ditentukan oleh 4 kegiatan penilaian produk, yaitu: validasi ahli materi, validasi ahli media, uji coba terbatas, dan uji coba keterbacaan. Hasil validasi ahli materi dari 8 aspek penilaian didapat rerata 3.56 berada pada klasifikasi “Sangat Baik”, hasil validasi ahli media dari 7 aspek penilaian didapat rerata 3.55 berada pada klasifikasi “Sangat Baik”, uji coba terbatas dari 2 aspek penilaian didapat rerata 3.30 pada klasifikasi “Sangat Baik”, uji coba keterbacaan dari 2 aspek didapat rerata 3.19 pada klasifikasi “Baik”. Rerata totalnya adalah 3.40 pada klasifikasi “Sangat Baik”. Kata kunci: pengembangan, modul pembelajaran inventor, video tutorial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 11 Sep 2015 02:13
Last Modified: 30 Jan 2019 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26158

Actions (login required)

View Item View Item