PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR PADA MATA DIKLAT PPMO DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Ahmad, Arianto Nugroho (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR PADA MATA DIKLAT PPMO DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ahmad AN 08504244007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR PADA MATA DIKLAT PPMO DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN Oleh Ahmad Arianto Nugroho 08504244007 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI TKR pada mata diklat PPMO di SMK Negeri 1 Seyegan antara kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.; (2) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR pada mata diklat PPMO di SMKN 1 Seyegan Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMKN 1 Seyegan yang terdiri dari 3 kelas. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode cluster sampling, di mana sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI TKR 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI TKR 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Uji validitas instrumen dilakukan menggunakan experts judgment dan untuk instrumen tes hasil belajar ditambah dengan analisis butir soal yaitu dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Uji realiabilitas instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik uji-t dengan satu sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe NHT yaitu sebesar 75,83, lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu sebesar 69,67. Selain itu dari perhitungan uji-t data hasil belajar diperoleh nilai thitung = 3,3327, sedangkan untuk t tabel= 1,671, dapat diketahui bahwa t hitung> t tabel, maka hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh berupa peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata diklat PPMO. Kata kunci : Kooperatif Tipe NHT (numbered heads together), mata diklat PPMO

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 11 Sep 2015 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26154

Actions (login required)

View Item View Item