Keefektifan Model Pure hypothetical inquiry untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Divergen dan Kreatif dalam Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul

Natalia, Dyna (2015) Keefektifan Model Pure hypothetical inquiry untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Divergen dan Kreatif dalam Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dyna-natalia-13708251107.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui keefektifan model pure hypothetical inquiry untuk mengembangkan kemampuan berpikir divergen dan berpikir kreatif dalam keterampilan proses sains peserta didik kelas XI SMA N 2 Banguntapan Bantul pada materi sistem koordinasi. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 2 Banguntapan Bantul tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan 22 peserta didik yang diajar menggunakan model pure hypothetical inquiry dan kelas kontrol dengan 23 peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional ditentukan secara infinite population. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes tertulis. Lembar observasi digunakan untuk memastikan keterlaksanaan model pempelajaran pure hypothetical inquiry dan untuk memastikan bahwa bahwa tidak ada sintak yang terlewatkan. Tes tertulis digunakan untuk mengukur kemampuan divergen dan kreatif dalam KPS peserta didik. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji ANCOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pure hypothetical inquiry lebih efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir divergen dan berpikir kreatif dalam keterampilan proses sains peserta didik kelas XI SMA N 2 Banguntapan Bantul pada materi sistem koordinasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pure hypothetical inquiry, berpikir divergen, berpikir kreatif, keterampilan proses sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Sep 2015 02:03
Last Modified: 09 May 2019 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26151

Actions (login required)

View Item View Item