Keefektifan Metode CIRC, Role Playing dan VCT dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS yang Komprehensif

Hutami, Trapsila Siwi (2015) Keefektifan Metode CIRC, Role Playing dan VCT dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS yang Komprehensif. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-trapsila-siwi-hutami-13705251048.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode CIRC, Role Playing dan VCT dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada aspek: (1) pengetahuan, (2) sikap, dan (3) keterampilan. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah SMP di Kabupaten Bantul yang menerapkan Kurikulum 2013. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Pengumpulan data menggunakan: tes untuk mengetahui hasil belajar IPS pada aspek pengetahuan; lembar penilaian diri untuk mengetahui hasil belajar IPS pada aspek sikap; dan tes kinerja dalam bentuk proyek untuk mengetahui hasil belajar IPS pada aspek keterampilan. Validitas instrumen diukur dengan analisis faktor dan reliabilitasnya dengan rumus Cronbach’s Alpha. Normalitas data diuji dengan Kolmogorof-Smirnov dan homogenitas data diuji dengan Levene Test. Pengujian hipotesis dengan teknik One Way Anova pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaaan keefektifan antara metode CIRC, Role Playing dan VCT dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada aspek pengetahuan; (2) ada perbedaaan keefektifan antara metode CIRC, Role Playing dan VCT dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada aspek sikap; (3) ada perbedaaan keefektifan antara metode CIRC, Role Playing dan VCT dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada aspek keterampilan. Dengan demikian ketiga metode tersebut mempunyai perbedaan keefektifan untuk meningkatkan hasil belajar IPS yang komprehensif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CIRC, role playing, VCT, hasil belajar IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Sep 2015 02:03
Last Modified: 09 May 2019 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26150

Actions (login required)

View Item View Item