TINGKAT KEMAMPUAN KETEPATAN FOREHAND STROKE DAN BACKHAND STROKE SISWA KELAS ATAS PESERTA EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA MI MUHAMMADIYAH CAWAS KECAMATAN CAWAS KABUPATEN KLATEN

Fajar Budi Setyono (2015) TINGKAT KEMAMPUAN KETEPATAN FOREHAND STROKE DAN BACKHAND STROKE SISWA KELAS ATAS PESERTA EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA MI MUHAMMADIYAH CAWAS KECAMATAN CAWAS KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Siswa kelas atas peserta ekstrakurikuler tenis meja MI Muhammadiyah Cawas, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten memiliki tingkat kemampuan ketepatan forehand stroke dan backhand stroke yang beragam atau bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapakah tingkat kemampuan ketepatan forehand stroke dan backhand stroke siswa kelas atas peserta ekstrakurikuler tenis meja MI Muhammadiyah Cawas Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten. Metode yang digunakan adalah survei, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas atas peserta ekstrakurikuler tenis meja berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan ketepatan forehand stroke dan backhand stroke adalah tes kemampun ketepatan forehand drive dan backhand drive dari Tomoliyus dengan validitas 0.99 dan realibilitas sebesar 0.95 untuk forehand drive dan 0.934 untuk backhand drive bagi atlet pemula (usia 8-12 tahun). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Tingkat kemampuan forehand stroke siswa kelas atas peserta ekstrakurikuler tenis meja MI Muhammadiyah Cawas Cawas Klaten masuk pada kategori sangat kurang dengan persentase sebesar 5,26% (2 siswa), kurang sebesar 26,32% (10 siswa), cukup sebesar 42,10 (16 siswa), baik sebesar 18,42 (7 siswa), dan sangat baik sebesar 7,90% (3 siswa). (2) Tingkat kemampuan backhand stroke siswa kelas atas peserta ekstrakurikuler tenis meja MI Muhammadiyah Cawas Cawas Klaten masuk dalam kategori sangat kurang sebesar 0%, kurang sebesar 42,10% (16 siswa), cukup sebesar 26,31% (10 siswa), baik sebesar 23,68% (9 siswa), dan sangat baik sebesar 7,90% (3 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: forehand stroke, backhand stroke, ekstrakurikuler tenis meja
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Sep 2015 09:00
Last Modified: 30 Jan 2019 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26146

Actions (login required)

View Item View Item